17 TIM BERSAING DALAM LOMBA KULINER
Tanggal : 05 April 2017 By Administrator

Musirawaskab.go.id – Untuk menumbuh kembangkan kearifan lokal khususnya Kuliner, Dinas Parawisata bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan dan Dinas Perikanan Kabupaten Musi Rawas menggelar Lomba Kuliner yang diikuti oleh 17 Tim yang berasal dari 14 tim dari Kecamatan di wilayah Kabupaten Musi Rawas, 1 tim dari Bhayangkari, 1 Tim dari Persit dan 1 tim dari Dharmayutikarini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata Musi Rawas, Amrullah, ST, MM melaporkan lomba kuliner ini akan dinilai oleh tim juri sebanyak 3 orang yang ahli dibidangnya masing-masing. Kriteria penilaian, kata Amrullah terdiri atas pemilihan bahan, penampilan dan kerjasama tim. Selain itu anggaran untuk menu yang disajikan dibatasi Rp 200 ribu.

“dengan dilaksanakan Lomba Kuliner ini, diharapkan dapat menggali potensi pangan lokal daerah agar dapat lestari dan ditumbuh kembangkan ,“ujar Amrullah Kepada  Bupati Musi Rawas, H. Hendra Gunawan dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) di Obyek Wisata Danau Aur, Kecamatan Sumber harta, Selasa (04/04/2017).

Selain lomba kuliner, kata Amrullah pada kesempatan tersebut, juga digelar lomba cipta menu berbasis sumberdaya pangan lokal dan pameran pengolahan hasil perikanan oleh kelompok olahan perikanan. “tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam membuat sajian makanan untuk keluarga yang sehat dan bergizi dengan berbahan ikan serta meningkatkan pemahaman serta mendorong masyarakat akan pentingnya mengonsumsi pangan berbasis sumberdaya lokal ,“ujar Amrullah sembari mengatakan acara ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan HUT Kabupaten Musi Rawas ke 74 tahun 2017.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Musi Rawas, H. Hendra Gunawan mengatakan kegiatan seperti ini sangat penting untuk dilaksanakan, karena Musi Rawas memiliki potensi sumberdaya alam yang sangat banyak serta memiliki kearifan lokal khususnya kuliner. Untuk itu, Bupati mengharapkan agar menu kearifan lokal ini dapat di tumbuh kembangkan serta di promosikan. “saya berharap nantinya setiap ada tamu dan pameran dapat menyajikan masakan tradisional Musi Rawas, hal ini penting selain untuk mempromosikan, juga dapat menjadi daya tarik wisatawan ke Musi Rawas,“pungkas Bupati Musi Rawas. (Diskominfo &  Statistik )

Share

Facebook Twitter Twitter