58 Kepala Desa Mengikuti Pelatihan Aparatur Pemerintahan desa
Tanggal : 23 May 2017 By Administrator

Musirawaskab.go.id  - Dalam rangka peningkatan pengetahuan aparatur pemerintah desa guna mewujudkan pemerintah desa yang mampu mengambil keputusan – keputusan yang tepat, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, menggelar kegiatan Pelatihan Aparatur Pemerintah Desa dalam Bidang Manajemen Pemerintahan Desa bagi Kepala Desa bertempat di Hotel Hakmaz Taba Lubuklinggau, Selasa, 23 Mei 2017.

Kegiatan pelatihan ini diawali dengan laporan kegiatan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa Rian Pratama, S.STP, M.Si.

“Tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan Aparatur Desa dalam melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsi di dalam Pemerintah Desa masing-masing,”terang Rian.

Sementara itu, Bupati Musi Rawas melaui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs. Mefta Joni, MM yang membuka secara resmi kegiatan pelatihan tersebut, dalam sambutannya, memberikan pengarahan yang bermanfaat  bagi seluruh peserta pelatihan. Pemerintah Desa merupakan ujung tombak penerapan dalam teciptanya pelayanan prima untuk masyarakat, harus bisa mengambil kebijakan untuk mencegah timbulnya permasalahan di tengah masyarakat,”terang Mefta Joni.

Pelatihan bagi aparatur pemerintahan desa ini merupakan proses penting dan strategis sebagai acuan sinkronisasi dan sinergi program kerja khusunya Kepala Desa yang baru dilantik untuk dapat meningkat kapasitasnya  dalam mewujudkan sinergitas dalam rangka mendukung pelaksanaan pembangunan di desa. Prinsip penyelenggaraan otonomi yang luas, nyata dan bertanggung jawab adalah untuk memberi kesempatan daerah mengatur dan mengurus urusan pemerintahannya, serta kepentingan masyarakat setempat, menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat dengan tetap berpedoman pada skala Pembangunan Nasional.

Dalam upaya sinergis inilah, pelaksanaan pelatihan dimaksud menjadi tolak ukur penyelarasan dan kesepahaman dalam penyelenggaraan program – program pembangunan yang akan kita laksanakan.

Salah satu aspek pendukung aspek pendukung utama untuk efektifnya reformasi birokrasi dan tata kelola Manajemen Pemerintahan Desa adalah Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dalam penetapan regulasi-regulasi yang mempertimbangan kepentingan aspek pembangunan secara makro, sehingga tercipta profesionalisme birokrasi seorang Kepala Desa dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,”Jelas Mefta Joni.

Narasumber dalam acara Pelatihan tersebut Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Musi Rawas Drs. H. Dian Chandera, M.Si , Inspektur Kabupaten Musi Rawas , Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Musi Rawas, dan Bagian Hukum Setda Kabupaten Musi Rawas.

Di akhir sambutan diharapkan dalam pelatihan ini akan memberikan manfaat dalam memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang manajemen pemerintahan desa kepada kepala desa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas,”Tutupnya. (Diskominfo & Statistik)

Share

Facebook Twitter Twitter