BUPATI; PENDIDIKAN MENJADI PROGRAM PRIORITAS
Tanggal : 09 May 2017 By Administrator

Musirawaskab.go.id – Bupati Musi Rawas H. Hendra Gunawan mengatakan pendidikan merupakan salah satu program prioritas dalam kepemimpinannya.’ ’kemajuan suatu daerah bergantung kepada bagaimana memposisikan pendidikan dalam program pemerintahan’’ ujar Hendra Gunawan saat menghadiri acara pencanangan Program Musi Rawas Sempurna Cerdas di Desa Jaya Bhakti Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas, Selasa 9/5/2017.

Dikatakan Bupati, Pencanangan Program Musi Rawas Sempurna Cerdas ini menjadi salah satu energi bagi pemerintahannya dalam meningkatkan dan mengembangan dunia pendidikan sebagai bagian yang sangat penting dilaksanakan. Dirinya berharap dengan dicanangkannya program ini, maka ada tantangan dan harapan bagi pendidik dan pemerintah dalam membangun kapasitas dan kualitas dari siswa didik.

Dikatakan Bupati, salah satu Visi pembangunan Musi Rawas dalam Bidang Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) tidak akan pernah lepas dari pembangunan di bidang pendidikan. Sesuai dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional. ‘’Indek Pembangunan Manusia (IPM)  Kabupaten Musi Rawas Tahun 2016 masih berkisar sebesar 63,1 masih dibawah rata–rata nasional 68,90, data BPS menyebutkan Buta Aksara di Kabupaten Musi Rawas masih cukup tinggi yaitu 2,43%,’’ paparnya sembari mengatakan kondisi ini menjadi tantangan semua pihak termasuk orang tua, tenaga pendidik, masyarakat, LSM dan element lainnya.

Dijelaskan Bupati, pembangunan karakter anak didik saat ini masih menjadi prioritas setidaknya harus mencakup 4 (empat) lingkup besar yaitu Lingkup Keluarga, Pendidikan, Masyarakat dan Pemerintahan. Pada lingkup keluarga wahana pembelajaran dan pembiasaan harus dilakukan oleh orang tua terhadap anak sebagai anggota keluarga, pada lingkup pendidikan adalah wahana pendidikan dan pengembangan karakter yang dilakukan melalui interaksi antara guru dan murid, pada lingkup masyarakat wahana pembinaan dan pengembangan karakter melalui keteladanan para tokoh masyarakat dan pada lingkup pemerintahan wahana pembangunan karakter bangsa melalui aparat penyelenggara Negara dan tokoh–tokoh elit bangsa maka secara bertahap kita dapat menemukan keberhasilan dalam pembangunan karakter di Kabupaten Musi Rawas. (Diskominfo & Statistik)

Share

Facebook Twitter Twitter