Pemkab mura melalui bappeda menggelar acara workshop pemberdayaan potensi lokal dan peluang usaha
Tanggal : 23 November 2019 By Administrator

Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Pemkab Mura) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar acara Workshop pemberdayaan potensi lokal dan peluang usaha dalam sektor perkebunan karet dalam pengembangan ekonomi lokal/kawasan di Kabupaten Musi Rawas. Kamis (21/11) di Ruang Rapat Bappeda Mura.
--
Kepala Bappeda Kabupaten Musi Rawas, Nanti Kasih, melalui Lazuardi Kabid Sosbud dan Pengembangan SDM menyampaikan, workshop ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu perencanaan daerah, diharapkan mencerminkan pemanfaatan potensi sumberdaya daerah yang tepat, salah satunya bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani karet di Musi Rawas.
--
Dalam Kesempatan ini, Kepala Dinas Perkebunan, Subardi menyampaikan bahwa untuk Musi Rawas sebagian besar masyarakat mayoritas adalah petani karet. Komitmen pemerintah daerah sudah mengupayakan untuk meningkatkan pendapatan penghasilan petani karet. Saat ini harga karet turus turun karna hasil produksi karet di Musi Rawas berkualitas rendah, maka dengan ini diharapkan petani dapat meningkatkan produktifitas hasil pertanian.
--
Pada kesempatan yang sama, Perwakilan dari PT Warna Agung Selatan yang dipaparkan oleh Direktur Perusahaan Agung, menyampaikan bahwa perusahaan ini siap untuk menerima hasil karet dari petani lokal khususnya petani dari wilayah Kabupaten Musi Rawas dengan harga sesuai kualitas karet.
--
Perusahaan yang berlokasi didesa Petunang Kecamatan Tuah Negeri ini akan berupaya semaksimal mungkin untuk mendukung program pemerintah, salah satunya dalam upaya peningkatan penghasilan perusahaan yang bermitra langsung dengan petani untuk membuat penyederhaan distribusi, serta penyuluhan tentang penanganan paska panen untuk peningkatan mutu petani.
--
Workshop ini dihadiri Kepala OPD Pemkab Mura terkait, Perusahaan karet dan petani karet di Kabupaten Musi Rawas.

Share

Facebook Twitter Twitter