Wujudkan Tugumulyo Bebas Napza dan Oplosan
Tanggal : 03 March 2018 By Administrator

Musi Rawas – Narkotika, Psikotropika dan Zat Aditif lainnya (Napza) dan Minuman Oplosan telah menjadi musuh momok yang menakutkan di Kecamatan Tugumulyo. Untuk meyikapi ini, 11 pengurus karang taruna desa yang berada di wilayah Puskesmas C Nawangsasi bersepakat memerangi napza dan oplosan.
Komitemen Karang Taruna dalam memerangi Napza dan Minuman Oplosan ini ditandai pembacaan dan penandatanganan komitment yang disaksikan langsung oleh Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan, Camat Tugumulyo, Kapolsek Tugumulyo, Danramil Tugumulyo serta seluruh pejabat yang hadir pada acara Gerakan Musi Rawas Sempurna Sehat yang diselenggarakan di Puskesmas C Nawangsasi Kecamatan Tugumulyo, Kamis (01/03/2018).
Pada kesempatan itu, Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan menyambut baik komitment dan perjuangan kaum pemuda didalam memerangi peredaraan dan penyalahgunaan Nafza dan Minuman Keras Oplosan yang ditengarai saat ini sudah banyak beredar di wilayah ini. Dengan komitmen ini, kata Bupati berarti masyarakat khususnya generasi muda telah mengerti akan bahaya Napza dan Minuman keras yang secara signifikan dapat merusak moral dan kepribadian generasi.
Diungkapkan Bupati, dari informasi yang dirinya dapatkan peredaran narkoba dan minuman keras telah merambah kewilayah pedesaan dan saat ini telah masuk ke generasi muda yang masih duduk di bangku SMP dan SD, jika tidak disikapi dan diperangi maka kedepan generasi ini akan menjadi generasi yang lemah baik fisik maupun moralnya.
Untuk mengatasi ini, kata Bupati dirinya mengharapkan dukungan para pihak terutama orang tua yang harus terus memperhatikan anak-anaknya agar jangan terjebak pada Nafza dan Minuman Keras Oplosan. Selain itu, bupati mengharapkan juga dapat membekali anak-anaknya dengan ilmu agama dan pendidikan karena hanya dengan kedua hal ini dapat membentengi anak-anak dari pengaruh negative penyalahgunaan Nafza dan Minuman Keras Oplosan.
Sementara itu, Pencetus gerakan karang taruna perangi napza dan oplosan, Meliasi Nora Pratamarta, s.farm, apt yang juga Apoteker Puskesmas C Nawangsasi mengungkapkan gerakan ini baru dimulai dari Kecamatan Tugumulyo dan diharapkan kedepan dapat diteraapkan di seluruh wilayah di Kabupaten Musi Rawas.
Dijelaskan Meliasi, dasar pemikiran dibentuknya gerakan ini karena saat ini telah banyak beredar Nafza dan Minuman Keras Oplosan, terlagi pada saat acara-acara seperti pesta malam, lelekan dan lainnya. Melalui gerakan ini diharapkan khususnya pengurus karang taruna dapat menjadi agen pergerakan untuk melawan Nafza dan Minuman Keras Oplosan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan dengan cara terus memberikan sosialisasi dan mengkampanyekan bahaya Nafza dan Minuman Keras Oplosan.
Meliasi Nafza dan Minuman Keras Oplosan menegaskan Narkoba harus menjadi Musuh Bersama, maka seluruh element harus ikut serta dan terlibat dalam perang terhadap Narkoba ini. Generasi muda menjadi garda terdepan dalam perang terhadap narkoba sehingga tujuan utama mewujudkan Musi Rawas khususnya Tugumulyo bebas narkoba dapat terwujud.

Share

Facebook Twitter Twitter