Kabupaten Tangerang dan Musi Rawas Koordinasi Tentang Pengelolaan Keuangan dan Aset
Tanggal : 08 December 2019 By. admin

Pemerintah Kabupaten Musi Rawas mengadakan konsultasi dan koordinasi bersama Pemerintah Kabupaten Tanggerang di Ruang Rapat Bina Praja Kabupaten Musi Rawas, Kamis (05/12/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Administrasi Umum dan Keuangan Setda Kabupaten Musi Rawas Edi Iswanto, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kab Tangerang M Hidayat, SE. Ak, Kepala BPKAD musi rawas Zulkifli Idris, serta jajaran Pemerintah Kabupaten Musi Rawas dan Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Dalam kegiatan ini dipaparkan beberapa hal dalam penyusunan ASB yang perlu di perhatikan yaitu dengan membentuk tim penyusunan ASB, mengidentifikasi data APBD untuk mencari jenis kegiatan yang mempunyai pola sama, melakukan FGD, menentukan jenis ASB yang digunakan, menyusun peraturan Kepala Daerah tentang ASB, dan terakhir melakukan sosialisasi penggunaan ASB dalam penentuan Pagu kegiatan ASB.

Kemudian Analisis Standar Belanja yang digunakan Kabupaten Musi Rawas adalah 40 ASB yang terdiri dari 4 ASB yakni; peningkatan Sumber Daya Manusia 9 ASB, urusan wajib 15 ASB, AP kegiatan fisik 11 ASB, dan AP non kegiatan fisik 5 ASB.

Sedangkan untuk manfaat dan dampak dari penggunan Analisis Standar Belanja dalam APBD yakni, penetapan plafon anggaran pada saat PPAS menjadi objektif, dapat menentukan kewajiban biaya untuk melaksanakan suatu kegiatan, meminimalisir terjadinya pengeluaran yang kurang jelas yang menyebabkan inefisiensi anggaran.

Selanjutnya penentuan besaran anggaran berdasarkan pada tolak ukur kinerja yang jelas, penentuan besaran alokasi setiap kegiatan menjadi objektif, penyusunan anggaran menjadi lebih tepat waktu, dan dari perbandingan pagu anggaran kegiatan tahun lalu yang belum menggunakan ASB dengan tahun 2019 setelah penggunaan Asb efisensi hampir lebih 10%.