Musi Rawas menjadi Kabupaten Penerima Program Revitalisasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial
Tanggal : 17 November 2018 By. admin

Kabupaten Musi Rawas, melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk tahun 2018 terpilih sebagai salah satu dari tiga Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan sebagai Penerima Program Revitalisasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Sebagai tindak lanjut dari beberapa tahapan kegiatan sebelumnya, pada hari Sabtu,17 Nopember 2018  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan telah menerima kunjungan dari Retno Darmanti selaku Konsultan Pengawas yang ditunjuk oleh Perpusnas untuk wilayah Sumsel.

Saat ini untuk  Program Revitalisasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Perpusnas telah bekerja sama dengan 60 kabupaten/kota se Indonesia, dimana perpustakaan diharapkan menjadi basis inklusi sosial untuk mengentaskan kemiskinan, sehingga perpustakaan dapat menjadi pusat belajar, pusat interaksi sosial dan pusat berbagi pengalaman dan berketrampilan dengan pelibatan masyarakat.

Dalam kesempatan ini Retno Darmanti menjelaskan target dari kegiatan Perpusnas yang akan dilaksanakan tidak hanya berorientasi pada hasil, tetapi lebih dari itu harus ada impact yaitu mampu mengimplementasikan hasil dari pelatihan dan berkegiatan di perpustakaan untuk meningkatkan taraf hidup.

Selanjutnya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten  Musi Rawas Supriyadi, SH, MM sangat mengapresiasi program ini, beliau berkomitmen akan mendukung penuh kegiatan pelibatan mayarakat dan akan menyediakan perpustakaan sebagai pusat berkegiatan mayarakat.

Dalam kunjungan konsultan Program Revitalisasi ini hadir juga Kepala Bidang Pelayanan  Perpustakaan  Dra. Hj. Rusnini, M,Si,  Kasi   Referensi   Perpustakaan          Siti Asiah, SP, M.Si, Teodora Haloho, S.Sos dan Suharwati, A.Md (Pustakawan), Nurhayati, A.Md dan Devi Marianti Raling, SE (Staf Bidang Pelayanan).