Cegah Intoleran, Bentuk Kampung Toleransi
Tanggal : 07 December 2018 By. admin

Untuk mencegah dan meminimalisir potensi intoleransi di masyarakat pihak Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Musi Rawas (Mura) bersama dengan Pemkab Mura akan membuat beberapa program, salah satunya membentuk Kampung Toleransi.

Pembentukan Kampung Toleransi merupakan salah satu kesimpulan dalam rapat agenda FKUB yang digelar bersama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Mura, Selasa,(4/12). Kepala Badan Kesbangpol Mura, Amra Muslimin saat memimpin rapat mengatakan, pentingnya peran aktif FKUB  dalam mencegah intoleransi sangatlah penting.

" Maka penting dibuat program yang menyentuh langsung ke masyarakat, salah satunya membentuk desa atau kampung toleransi,"jelasnya.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada pengurus FKUB, untuk menyiapkan program tersebut, terutama dalam menyiapkan indikator -indikator kelayakan untuk menetapkan satu desa menjadi Kampung Toleransi.

"Nanti akan kita lakukan survey dengan bekerja sama dengan para pihak terkait, baik di kecamatan, Kemenag dan kepolisian,"terangnya.

Ketua FKUB Kabupaten Mura, Misbahul Arifin kepada RMOL Sumsel mengatakan, rencana tersebut perlu dukungan semua pihak. Namun yang terpenting adalah bagaimana mengajak semua lapisan masyarakat di Mura untuk tetap menjaga rasa toleransi antar sesama umat beragama.

Sejauh ini menurut Misbahul, toleransi di masyarakat Mura sendiri berjalan dengan baik. Bahkan menurutnya, dari catatan yang ada, belum pernah ada konflik di masyarakat Mura yang berlatar belakang persoalan agama.

"Untuk di Musi Rawas kerukunan umat beragama berjalan dengan baik, dan situasinya selalu kondusif,"jelasnya