Akses Sanitasi Capai 90 Persen, Musirawas Siap Ikuti Ajang Kabupaten Sehat
Tanggal : 11 January 2019 By. admin

Kabupaten Musirawas untuk pertama kalinya mengikuti ajang kabupaten-kota sehat yang digelar Kementerian Kesehatan RI pada tahun 2019 ini.

Terkait hal ini, Direktur Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, DR Imran Agus Nur Ali, datang langsung ke Kabupaten Musirawas untuk melakukan sosialisasi kriteria-kriteria yang harus dimiliki kabupaten sehat.

"Kedatangan kami kesini dalam rangka sosialisasi penyelenggaraan kabupaten/kota sehat. Tahun ini tahun ganjil, ada apresiasi dari Menteri Kesehatan bagi kabupaten/kota yang memenuhi kriteria kabupaten/kota sehat," kata DR Imran Agus Nur Ali, usai sosialisasi Rabu (9/1/2019) di pendopoan Bupati Musirawas.

Dikatakan, dari hasil tatao muka dengan Bupati Musirawas beserta jajarannya, Musirawas akan segera mengajukan kriteria-kriteria yang diperlukan sebagai kabupaten sehat. Nanti, pihaknya akan menilai, apakah data-data yang diajukan sudah cukup atau belum.

"Kami lintas departemen, juga ada tim ibdependen penilaian. Tahap awal dokumen dulu yang masuk, baru nanti kita lakukan verifikasi lapangan. Apakah betul kegiatan yang diajukan itu ada di lapangan," katanya.

Disebutkan, Musirawas baru pertama kali mengikuti ajang kabupaten/kota sehat yang digelar oleh Kemenkes RI.

Karena itu, minimal Musirawas harus memenuhi dua tatanan. Yang pertama terkait dengan sarana dan prasarana umum yang sehat. Artinya, dari sisi infrastruktur yang memenuhi kecukupan pelayanan.

Misalnya Puskesmas, sanitasi, PDAM dan infrastruktur pendukung lainnya.

Kemudian tatanan kedua adalah masyarakat mandiri dan sehat. "Artinya, dampak dari tatanan pertama tadi, misalnya inovasi-inovasi kesehatan di masyarakat. Jadi dua kegiatan tersebut wajib dilaksanakan untuk mengikuti ajang kabupaten/kota sehat," ujarnya.

Bupati Musirawas H Hendra Gunawan mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan-persiapan untuk mengikuti ajang kabupaten/kota sehat ini.

Bahkan menurutnya, sejak Maret 2016, pihaknya sudah meluncurkan program Musirawas Sempurna Sehat.

Dimana setiap bulan, pihaknya terjun langsung ke masyarakat bersama OPD terkait, untuk melihat kondisi kesehatan di masyarakat.

Kemudian inovasi yang sudah dilakukan adalah merubah pola hidup masyarakat tradisional yang terbiasa buang air besar di sungai dengan beralih ke jamban sehat.

Dimana, program jamban sehat ini sudah diluncurkan dan kini progresnya sudah mencapai angka 90 persen. Angka ini melebihi target yang disyaratkan oleh Kementerian Kesehatan yaitu 60 persen.

"Insya Allah kita siap. Program kesehatan kita sudah jalan, dan sejak saya dilantik bulan Februari 2016, maka pada Maret 2016 langsung saya luncurkan program Mura Sempurna Sehat. Kemudian program jambanisasi kita juga sudah jalan dan progresnya, data terbaru mungkin susah diatas 90 persen," kata H Hendra Gunawan.