Gubernur HD Kunjungi Stand TTG Mura
Tanggal : 23 August 2019 By. admin

Stand Teknologi Tepat Guna (TTG) Kabupaten Musi Rawas (Mura) mendapatkan kunjungan langsung Gubernur Sumsel, H Herman Deru (HD). Bukan hanya sekedar berkunjung, Gubernur juga mencoba langsung Aromatherapy Sereh Wangi hasil dari penyulingan minyak Sereh Wangi Atsiri yang ditampilkan Mura dalam Gelar TTG ke-XV tahun 2019 yang dilaksanakan di Pangkalan Balai, Kamis (22/8).

Didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mura, Achmadi Zulkarnain SIP, M.Si yang memberikan penjelasan mengenai  apa saja yang ditampilkan  Mura, Gubernur HD dengan sumringah mengaku lebih fresh setelah mencoba Aromatherapy Sereh Wangi dari Stand TTG Mura. Selain itu Gubernur juga dengan begitu serius melihat dan meminta penjelasan berbagai produk hasil penyulingan Sereh Wangi Atsiri, mulai dari sabun sereh wangi hingga minyak zaitun dan madu.

Kepala DPMD Mura, Achmadi Zulkarnain SIP, M.Si melalui Kabid Pengembangan Kawasan Perdesaan, Inovasi Desa dan TTG, Eko Supriyadi,ST didampingi Kasi Pengembangan Sosial Ekonomi, Inovasi Desa dan TTG, Helmi Ramadhan,SE mengungkapkan, Gelar TTG tingkat  Sumsel  ke XV kemarin (22/8) dibuka langsung Gubernur Sumsel H Herman Deru. Usai membuka Gelar TTG, Gubernur berkesempatan meninjau beberapa Stand TTG dimana salah satunya Stand Kabupaten Mura. 

"Saat kunjungan Gubernur ke Stand TTG Mura, Pak Kepala DPMD Mura melakukan  Presentasi TTG yang kita tampilkan. Alhamdulillah, Pak Gubernur dan juga Tim Juri dari Balitbang Sumsel cukup antusias," kata Helmi Ramadhan SE.

Disampaikannnya, Kabupaten Mura sendiri menampilkan penemuan penyulingan minyak Sereh Wangi Atsiri dengan hasil atau turunan produknya yang bernilai ekonomis dan juga sudah menghasilkan atau menjadi pendapatan masyarakat.

"Selain minyak Aromatherapy Sereh dari penyulingan Sereh Wangi juga dibuat sabun. Selain itu kita juga menampilkan minyak zaitun dan madu serta beberapa produk andalan Mura lainnya," paparnya.

Pembukaan  TTG   Sumsel ke XV oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru dilaksanakan Kamis (22/8) pukul 15.30 WIB dipusatkan di Kabupaten Banyuasin, tepatnya di Alun-alun kota Pangkalan Balai.

Gebernur HD menyampaikan, TTG ini mesti meriah sebab acara ini sudah setiap tahun di laksanakan. "TTG sudah ke 15 kalinya dilaksanakan artinya kegiatan ini sangat besar manfaatnya," tegas Gubernur. 

 

Diharapkan kepada instansi untuk mendokumentasikan setiap even,  supaya dapat diketahui perkembangannya. 

"Mudah-mudahan ajang seperti ini dapat membantu masyarakat dalam pemasarannya, " tegasnya. 
Setelah acara pembukaan Gubernur Sumsel Herman Deru meninjau stand TTG kabupaten kota dan menanyakan teknologi andalan.

Yusnin, selaku Ketua Pelaksana menyampaikan,  bahwa tujuan kegiatan ini untuk memperkenal produksi tepat guna dan meningkatkan kerjasama. "Kemudian persamaan persepsi dan menginformasikan kepada  masyarakat hasil kegiatan," katanya